Gereja Koptik Menunda Perayaan Pekan Suci Paskah


Gereja Ortodoks Koptik Mesir sudah menentukan untuk menunda perayaan sebelum Paskah, Pekan Suci, hingga terhadap akhir April sebagai upaya menghentikan penyebaran wabah virus corona Covid-19.

Keputusan sesudah itu diambil alih terhadap Kamis (2/4) waktu setempat didalam pertemuan yang bersamakristus.org dipimpin oleh Paus Tawadros II. Hal itu jadi ketetapan lanjutan pihak Gereja sehabis terhadap bulan sesudah itu memerintahkan penutupan gereja dan penundaan pelayanan keagamaan di seluruh penjuru Mesir.

"Peribadatan, terhitung kebaktian Pekan Suci, yang dianggap sebagai ritual paling mutlak di Gereja Ortodoks Koptik, dapat ditangguhkan hingga pandemi terkendali," kata pernyataan pihak Gereja didalam unggahan di Facebook.

Pekan Suci dapat terjadi sebelum perayaan Paskah yang oleh umat Ortodoks Koptik jatuh terhadap 19 April mendatang, satu pekan sehabis Paskah umat Katolik Roma.

Juru berkata Gereja Koptik Boulos Halim mengatakan ketetapan itu "belum pernah terjadi terhadap awalannya dan bersejarah" sebagai cara yang diambil alih demi ikut menangani krisis.

Pada 21 Maret lalu, Gereja Koptik memerintahkan penutupan seluruh gereja dan penangguhan https://bersamakristus.org pelayanan keagamaan, misa, dan kegiatan lainnya selama dua pekan untuk melawan penyebaran virus corona Covid-19.

Namun ketetapan terhadap Kamis ini memperpanjang pemberlakuan penangguhan kegiatan keagamaan sesudah itu hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Masih belum mengerti pula apakah Paus Tawadros II sebagai imam umat Koptik Mesir dapat melanjutkan misa sedang malam sebelum Paskah.

Umat Kristen Koptik merupakan agama minoritas non-Islam terbesar di Timur Tengah dan tercatat mencakup 10-15 prosen berasal dari populasi Mesir yang berjumlah 100 juta dan didominasi Muslim Sunni.

Pada Maret sesudah itu pula, Gereja Katolik Mesir mengatakan sudah menangguhkan misa hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Mesir hingga waktu ini sudah mencatat https://bersamakristus.org 71 kematian berasal dari 1.070 kasus virus corona Covid-19.

Pemerintah setempat sudah memberlakukan tindakan tegas untuk halangi jalinan sosial di negara bersama masyarakat Arab terpadat itu, terhitung jam malam yang mulai berlaku pekan lalu.

Pelanggar ketetapan sesudah itu dapat dikenakan denda hingga 4.000 poundsterling Mesir atau setara bersama Rp4,1 juta ditambah hukuman penjara.

Pemerintah Mesir terhitung menutup bersamakristus sekolah dan kampus di negara tersebut, terhitung penerbangan hawa hingga 15 April.

https://www.wikidot.com/user:info/mustafalan
https://www.wikidot.com/user:info/runimas
https://www.wikidot.com/user:info/yukinternet
https://www.wikidot.com/user:info/yukristen
http://www.wikidot.com/user:info/bersamakristus

No comments for "Gereja Koptik Menunda Perayaan Pekan Suci Paskah"