Cara Cepat Membuat Blog Untuk Bisnis


Cara Membuat Blog – Blogging adalah kesibukan yang jadi banyak digemari oleh masyarakat Indonesia sementara ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan bersama dengan bersama dengan topik dan jenis tulisan yang berbeda-beda. Untuk membawa dampak blog, sebenarnya ada banyak sekali platform yang bisa kami gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan tetap banyak lagi. Namun, saya mencermati kebanyakan blogger Indonesia menggunakan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya bisa mengkaji sedikit berkenaan langkah membuat blog di ke dua platform ini.

Oh ya, Saya membawa dampak artikel ini tertentu untuk teman-teman yang belum tahu langkah membawa dampak blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, terkecuali Anda telah tahu caranya, menurut saya tidak mesti membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum tahu langkah membuat blog di WP atau Blogger silakan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman sebab artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri tahu pernah bahwa ke dua fasilitas ini – WordPress dan Blogger – memberikan fasilitas gratis untuk membawa dampak blog. Namun, meskipun keduanya memberikan fasilitas gratis untuk blogging, ke dua platform ini memiliki perbedaan satu sama lain. Nah, pelajari pernah apa saja kelebihan dan kekurangan ke dua platform ini supaya tahu platform mana yang paling cocok bersama dengan bersama dengan Anda.

I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)

Blogger.com adalah platform blogging gratisan punya Google. Anda bisa membawa dampak blog bersama dengan bersama dengan gratis di blogger, baik itu menggunakan subdomain dan hosting gratis ataupun menggunakan domain sendiri bersama dengan bersama dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini bisa mengkaji langkah membawa dampak blog di Blogspot bersama dengan bersama dengan subdomain dan hosting gratis berasal dari Blogger.com.

Sebelum membawa dampak blog di blogger, saya berikan arahan Anda untuk memiliki account email di Google mail (gratis). Ini bisa memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum tahu langkah membawa dampak email, bisa membaca tulisan saya di awalnya berkenaan langkah membawa dampak email. Kalau Anda telah memiliki account email di Gmail, langsung saja ikuti proses membawa dampak blog di blogspot, selanjutnya ini adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka web Blogger.com, klik link selanjutnya untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com

2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda bisa di arahkan ke halaman untuk masuk ke account Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang telah disediakan, seterusnya klik tombol Berikutnya Login ke account Google

3. Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya

4. Jika Anda baru pertamakali membawa dampak blog di Blogger, maka Anda mesti pilih profil account Google yang bisa digunakan. Anda bisa menggunakan account Blogger biasa ataupun account Google+. Di artikel ini saya berikan arahan untuk menggunakan account Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda bisa terisi secara otomotis. Jika ada inginkan menyebabkan pergantian knowledge diri, bila menyebabkan pergantian nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir, Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika telah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.

6. Selanjutnya Anda bisa diarahkan ke halaman seterusnya di mana Anda bisa memberikan foto profil untuk account Google Anda. Bila tidak inginkan memberikan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.

Tapi bila Anda inginkan memberikan gambar profile, maka Anda bisa klik logo Kamera pada halaman tersebut, seterusnya upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN.

7. Saat ini Anda telah selesai membawa dampak account Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk jadi membawa dampak blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, lihat gambar berikut

9. Anda bisa diarahkan ke halaman setelah itu di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, pilih nama/ alamat subdomainnya, dan pilih Tema blog Anda Pada anggota Judul, silakan isikan bersama dengan bersama dengan Judul Blog Anda, bila “Belajar Membuat Blog” Pada anggota Alamat, silakan isikan bersama dengan bersama dengan alamat URL blog Anda, bila “maxbikinblog.blogspot.com” Pada anggota Tema, Anda bisa pilih keliru satu tema standar yang disajikan oleh Blogger.

10. Setelah semua diisi, silakan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda telah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, setelah itu Anda mesti jalankan sebagian pengaturan dan mempelajari sebagian navigasi di halaman kerja Blogger. Sedikit penjelasan berkenaan menu atau navigasi dashboard Blogger:

Pos: Daftar artikel yang telah ditulis, telah diterbitkan, dan artikel yang tetap didalam bentuk draft. Statistik: Data statistik berkenaan blog Anda, Data teliti berkenaan trafik pengunjung blog Anda diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel. Komentar: Pada halaman ini, Anda bisa lihat komentar yang masuk. Anda termasuk bisa mengedit atau lebih-lebih menghapus komentar yang tidak diinginkan. Kampanye: menampilkan menu yang terkait bersama dengan bersama dengan Adwords, yakni fasilitas periklanan punya Google. Mungkin sementara ini Anda belum mesti fitur ini, jadi tinggalkan saja pernah Laman: Halaman statis layaknya page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain. Tata Letak: Pada halaman ini Anda bisa sesuaikan layout blog Anda, memberikan atau sesuaikan posisi widget. Tema:  Pada halaman ini Anda bisa mengganti tema blog cocok bersama dengan bersama dengan keinginan. Setelan: Halaman ini digunakan untuk sesuaikan setelan blog, pengaturan berapa artikel yang bisa ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger

Untuk membawa dampak tulisan konten pada Blogger sebenarnya caranya sangat mudah, selanjutnya ini langkah-langkahnya: Langkah pertama adalah jalankan klik pada tombol Entri Baru Buat judul konten: membuat judul singkat saja sebab blogger halangi jumlah cii-ciri untuk judul postingan. Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang telah disajikan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten bersifat text, gambar, dan termasuk video. Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, bersama dengan bersama dengan pertolongan menu formating yang ada di bawah judul konten. Isi label/ kategori yang cocok bersama dengan bersama dengan konten yang Anda buat, seterusnya klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.

Anda termasuk bisa menjadwalkan sementara posting konten selanjutnya cocok bersama dengan bersama dengan keinginan, membawa dampak tautan permanen, memberikan lokasi, lebih-lebih memberikan pilihan lainnya cocok bersama dengan bersama dengan kebutuhan. Jika Anda telah yakin bisa membawa dampak konten Anda online, silakan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda telah online dan bisa dibaca orang lain.

Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda memadai menggunakan alamat email Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com Simpan alamat email Gmail dan password Anda bersama dengan bersama dengan baik supaya gampang digunakan sementara inginkan login ke Blogger. Sampai di sini tentu saja Anda telah memadai tahu langkah membawa dampak blog gratis di blogger. Anda termasuk bisa mengganti tema blog Anda atau sesuaikan tampilan widget.

II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

Script WordPress bisa digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini bisa mengkaji langkah membawa dampak blog gratis di WordPress.com, di mana kami bisa nikmati semua fasilitas bersama dengan bersama dengan gratis, baik itu subdomain dan termasuk hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka web WordPress, klik atau membuka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silakan masukkan alamat web yang Anda inginkan, bila BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat gambar di bawah ini:

3. Akan nampak halaman baru. Pada halaman ini, Anda bisa diminta isikan kolom-kolom, layaknya alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

Alamat email: isikan bersama dengan bersama dengan alamat email Anda
Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name sementara login ke dashboar WP
Password: isikan bersama dengan bersama dengan password yang kuat dan gampang diingat
Pastikan alamat blog: cek lagi alamat untuk blog Anda, bila “BlogTersayang.wordpress.com”
Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”
Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di anggota bawah.

4. Pihak WordPress bisa mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email berasal dari wordpress.com dan klik link di didalam email tersebut. Lihat gambar

5. Setelah jalankan verifikasi bersama dengan bersama dengan langkah yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti bisa terbuka tab baru di browser dan Anda bisa lihat halaman dashboard WordPress punya Anda. Lihat Gambar

Langkah setelah itu Anda barangkali inginkan membawa dampak sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk menolong Anda membawa dampak logo dan favicon, Anda bisa menggunakan online logo maker layaknya Logaster. Buka web Logaster dan Anda bisa membawa dampak Logo paling baik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress Sampai langkah 5 di atas sebenarnya Anda telah memiliki blog WordPress. Anda bisa lihat tampilan blog bersama dengan bersama dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, barangkali Anda jadi tidak cocok bersama dengan bersama dengan tampilan default berasal dari WordPress. Anda bisa jadi jalankan sebagian settingan pada blog WP anda, bila membawa dampak judul blog, membawa dampak tag line atau uraian singkat, mengganti themes, menempatkan widget dan lain-lain.

1. Pengaturan Blog WP

Untuk membawa dampak pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya di didalam dashboard WP Anda bersama dengan bersama dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada anggota pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang bisa Anda edit. Menurut saya, yang paling penting pada anggota ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umum: Pada anggota ini Anda bisa mengganti judul blog bersama dengan bersama dengan judul yang cocok bersama dengan bersama dengan keinginan, dan termasuk memberikan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda termasuk bisa jalankan sebagian pengaturan lainnya di halaman ini, bila memberikan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.

Menulis: Pada anggota ini Anda bisa membawa dampak pengaturan tulisan, pilih kategori tulisan standar. Membaca: Di sini Anda bisa sesuaikan tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda bisa membawa dampak halaman statis ataupun dinamis, tapi arahan saya sebab ini adalah blog maka bisa lebih baik bila Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda termasuk bisa pilih jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak inginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.

Diskusi – Di sini Anda bisa sesuaikan bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak inginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.

2. Desain Blog WP

Anda termasuk bisa mengganti Themes dan memberikan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget bisa membawa dampak blog WP nampak lebih baik dan cocok bersama dengan bersama dengan permohonan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya anggota yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

Tema: Pada anggota ini Anda bisa pilih theme/ tema yang cocok bersama dengan bersama dengan permohonan Anda. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan bersama dengan bersama dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai pilih theme premium, pilih saja tema gratisan.

Widget: Di sini Anda bisa memberikan sebagian widet yang Anda inginkan yang bisa nampak di anggota side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan sangat banyak memasukkan widget bisa memengaruhi kecepatan loading blog Anda.

Menu: Anda bisa memberikan sebagian link untuk menu melalui halaman ini. Misalnya Anda inginkan membawa dampak halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda bisa membuatnya di halaman ini.

3. Posting Konten di WordPress

Langkah setelah itu adalah membawa dampak tulisan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, bisa melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda:

Semua Tulisan: ini adalah link untuk lihat semua tulisan artikel yang ada di blog Anda.
Tambah Baru: ini adalah link untuk membawa dampak postingan/ konten baru di didalam blog Anda.
Kategori: ini adalah link untuk lihat atau memberikan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk membawa dampak tulisan di WordPress.com menurut saya sangat mudah, lebih-lebih jauh lebih gampang dibandingkan bersama dengan bersama dengan platform lain. Yang mesti Anda mencermati pada halaman membawa dampak konten adalah sebagai berikut:

Judul konten: Buat judul yang cocok bersama dengan bersama dengan konten. Halaman konten: Anda bisa memberikan konten bersifat text (artikel), gambar, dan video di halaman ini. Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda bisa memberikan link, sesuaikan text, mengganti warna text, tingkatkan gambar dan video, dan lain-lain. Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membawa dampak kategori dan tag untuk masing-masing konten Anda. Ini bisa memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk lihat konten bersama dengan bersama dengan kategori atau tag tertentu. Jika Anda telah yakin bersama dengan bersama dengan konten Anda, silakan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, tentu saja Anda telah bisa membawa dampak blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas sebenarnya memadai sederhana, dan bila Anda inginkan membawa dampak tampilan blog lebih baik lagi, Anda bisa berkreasi lebih jauh. Namun, mesti Anda ketahui bahwa WordPress.com memberikan batasan pada penggunanya didalam mengedit kode-kode html di didalam blog WordPress.

Catatan Penting: Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser bersama dengan bersama dengan memberikan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, seterusnya masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda membuat berasal dari awal sementara membawa dampak blog di WordPress.com. Simpan username dan password Anda bersama dengan bersama dengan baik, supaya gampang digunakan sementara Anda inginkan login ke blog Anda. “Bila Anda inginkan memiliki domain dan hosting sendiri, Anda bisa mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat langkah membawa dampak blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini bisa menolong teman-teman yang belum tahu langkah membawa dampak blog gratisan. Jika ada hal yang tidak cukup tahu dan inginkan ditanyakan berkenaan artikel di atas, silakan kirim pertanyaan di anggota komentar. Terimakasih telah membaca artikel saya :)

https://abu-ubaidillah-s-school.teachable.com/blog/206904/syukuri-hidup
https://abu-ubaidillah-s-school.teachable.com/blog/206970/tertipu-di-dunia
https://abu-ubaidillah-s-school.teachable.com/blog/207022/kunci-keberhasilan-islam

http://bbs.01bim.com/home.php?mod=space&uid=243555
http://bbs.01bim.com/home.php?mod=space&uid=243559

 

No comments for "Cara Cepat Membuat Blog Untuk Bisnis"