4 Kategori Orang yang Tidak Diizinkan Puasa


Umat Islam wajib meniti ibadah puasa di bulan Ramadan. Berpuasa di bulan Ramadan juga dalam rukun Islam yang wajib dikerjakan seorang Muslim. Namun, lebih berasal dari satu kelompok orang yang boleh tidak berpuasa pas Ramadan.

Allah SWT menambahkan keringanan kepada lebih berasal dari satu orang yang boleh tidak berpuasa Ramadan. Namun, orang-orang ini wajib menggantinya di hari lain pas udah tidak miliki rintangan atau membayar fidiah. Membayar fidiah dikerjakan bersama dengan mengganti satu hari puasa bersama dengan memberikan makan satu orang miskin.

"Orang wajib mengganti atau mengqadha puasa sampai akhir bulan Sya'ban," kata Ustaz Hilman Fauzi kepada runimas.com. Ketentuan orang yang tidak diwajibkan berpuasa Ramadan ini terkandung dalam Surat Al-Baqarah ayat 185.

"... Karena itu, barang siapa di pada kamu datang (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah meminta kemudahan bagimu, dan tidak meminta kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 185. Berikut orang-orang yang boleh tidak berpuasa pas Ramadan.

1. Orang yang sakit

Orang yang sakit supaya tidak dapat berpuasa atau jika berpuasa justru memberatkan penyakitnya, boleh tidak berpuasa di bulan Ramadan. Orang yang sakit wajib mengganti puasa yang ditinggalkan di hari lain pas udah sembuh. Orang yang sakit parah dan dapat mengganti puasa yang ditinggalkan bersama dengan membayar fidiah. Membayar fidiah juga dapat dikerjakan oleh pihak keluarga.

2. Lanjut Usia

Ustaz Hilman menunjukkan orang lanjut umur yang juga udah tidak dapat berpuasa juga diberi keringanan oleh Allah. Kelompok ini boleh membayar fidiah yang juga dapat dikerjakan oleh pihak keluarga. "Orang lanjut usia, pikun, atau suasana tubuhnya tidak memungkin, boleh tidak berpuasa," tutur Ustaz Hilman.

3. Musafir atau orang dalam perjalanan

Orang yang dalam perjalanan atau tengah menempuh jarak yang jauh diberi keringanan boleh tidak berpuasa. https://www.runimas.com "Tetap memaksakan untuk berpuasa juga boleh, tetapi mereka juga diberikan keringanan," ucap Ustaz Hilman. Orang yang dalam perjalanan wajib mengganti puasanya di hari lain.

4. Ibu hamil dan menyusui
Ibu hamil dan menyusui juga boleh tidak berpuasa mengingat nutrisi mutlak untuk diri dan juga bayi mereka. Ibu hamil dan menyusui boleh mengganti puasa mereka di hari lain.

https://www.giantbomb.com/profile/ubhe96/blog/download-xiaomi-theme-for-miui-mtz-format/148693/
https://www.giantbomb.com/profile/ubhe96/blog/pray-to-jesus-in-christ/149858/
https://www.giantbomb.com/profile/ubhe96/blog/top-10-nitendo-switch-games/149861/
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dia/comment/view/3654/0/6470
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dia/comment/view/3654/0/6471


No comments for "4 Kategori Orang yang Tidak Diizinkan Puasa"